Skip to content

Kerja Keras

30 Mei 2012

Sebuah kemampuan, jika tidak digunakan maka tidak tidak akan tampak manfaatnya.

Setelah sekian lama tertidur dalam kegiatan tulis menulis, akhirnya wangsit itu datang juga.
Pekerjaan yang bertubi-tubi terus datang silih berganti. Dulu yang dihadapi berkutat antara power point, kontrol, mesih dan AutoCad, sekarang harus berubah haluan ke excel, management, system, ERP. Sebuah perpindahan yang sangat drastis yang memaksa saya untuk bekerja keras, bekerja lebih keras hingga menemukan cara sendiri untuk bisa mempercepat pekerjaannya.

Saya berpikir dalam hati, ternyata kerja keras itu membawa dampak yang luar biasa. Pekerjaan terselesaikan lebih cepat, permasalahan lebih mudah, transaksi lebih cepat, keuntungan lebih banyak, perputaran dana lebih cepat.

Maka tidak heran negara seperti Jepang dan Korea bisa maju dengan pesat karena orang-orangnya mau diajak untuk bekerja dengan keras dalam mengatasi pekerjaannya. Maka tidak heran, jika satu orang jepang yang bekerja keras mampu memberikan nilai pertambahan $200 per hari, maka bisa dibayangkan jika seluruh orang jepang bekerja keras. Negaranya maju dengan pesat. Begitu juga dengan Korea, masing-masing orang yang bekerja keras mampu memberikan nilai pertambaan $160 per hari, kita bisa lihat sendiri kemajuan negaranya. Indonesia sendiri masih dalam hitungan $3 per hari setiap orangnya. Itupun mereka yang masih mau bekerja demi masa depan mereka.

Saya sendiri merasakan bahwa jika bekerja dengan keras maka level kita bisa seperti orang Korea itu kemampuannya, bahkan bisa lebih. Bisa dibayangkan jika seluruh penduduk Indonesia bekerja keras seperti saya, saya yakin Indonesia akan menyusul Korea dengan segera. Jepang segera melakukan kerjasama penelitian dengan Indonesia karena takut dengan penemuan baru Indonesia yang lebih hebat dari mereka. Orang India di Indonesia akan pulang ke negaranya karena orang Indonesia sudah kaya dan cerdas. Negara Cina tidak bakalan ekspor barangnya ke Indonesia karena kalah murah dengan produk Indonesia.

Ayo kerja bekerja keras, tidak usah menunggu tanggal 20 mei. Bagi yang sudah memulai bekerja keras sejak dini, ayo kita teruskan. Bagi yang terlambat, tidak usah menunggu besok. Sekarang ini bukan waktunya berdebat terlambat atau tidak terlambat. Sekarang waktunya untuk kerja, kerja, kerja.
Bangsa Indonesia ini membutuhkan orang-orang pekerja keras untuk membangun bangsa. Sudah saatnya bangsa ini bangkit dari tidur panjang. Negara luar pun mengakui bahwa Indonesia ini adalah negara yang besar, sayang sekarang sedang “tidur”. Maka segala upaya dilakukan agar bangsa Indonesia ini tetap “tertidur” agar bangsa ini tidak maju.

Jika masih ada yang berkomentar “Kita tidak perlu bekerja keras, kita hanya perlu bekerja cerdas” atau bahasa linggisnya “work smart, not work hard“. Maka saya akan meminta bukti kepadanya “Coba tunjukkan saya orang yang bekerja cerdas yang tidak bekerja keras. Siapa bilang orang bekerja cerdas itu tidak bekerja keras, Orang bekerja cerdas itu pasti bekerja dengan keras untuk mencapai tujuannya. Merumuskannya dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain agar bekerja lebih cerdas. Tapi bekerja kerasnya itu tetep harus dilakukan.
Sudahlah, jangan berantem terus. Jangan habiskan energi untuk berdebat yang tidak ada kontribusinya terhadap kemajuan bangsa. Hilangkan budaya mencari siapa yang salah, mencari pembenaran sendiri, yang penting selamat. Mari kita berpikir untuk mencari solusi dan fokus kepada pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan.

Bekerja keras di bidang masing-masing. Serempak, bersama untuk memajukan bangsa. Yang bekerja di pabrik, ayo tingkatkan kinerja agar bisa ekspor lebih banyak. Yang punya wirausaha, ayo tunjukkan bahwa kita mampu. Yang masih menganggur, cepat kerjakan sesuatu karena Indonesia ini butuh orang-orang kreatif mengerjakan sesuatu dan menghasilkan sesuatu. Indonesia butuh seluruh warga ini untuk bangkit dan bisa berbicara kepada dunia bahwa Indonesia ini negara besar.

————————————

– Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp

– Gambar : mandor, editing gambar : Prima

8 Komentar leave one →
  1. 30 Mei 2012 05:21

    Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    mandor
    Terima kasih pakde, artikel saya sudah didaftar

  2. 30 Mei 2012 09:56

    siippp…kita memang harus bekerja keras supaya maju dan bisa survive….apalagi sekarang persaingannya ketat di segala bidang….kalo ngga kerja keras bisa terjungkal…sukses untuk kontesnya yachh…smoga berjaya

    mandor
    terima kasih bu atas dukungannya. Yang penting kita bersemangat dan bekerja keras untuk masa depan Indonesia tercinta ini

  3. 30 Mei 2012 23:35

    ternyata…ada yg lebih lama menghilang dibanding saya….hahahaha….welcome back bro semoga ga ngilang-ngilang lagi yah…..teteup kerja keras di bidang apapun bro

    mandor
    bangkit dari segala kesibukan yang ada
    Semoga saya bisa menulis dengan rutin

  4. 2 Juni 2012 07:48

    Bekerja keras itu penting biar bisa membangkitka energi yang mati
    sukses ya bang..

    mandor
    iya, semoga kita bisa menjalankan kehidupan dengan mengisinya dengan kerja keras

  5. lozz akbar permalink
    2 Juni 2012 11:03

    yang njogo warnet kok ora disebut sam hihihihi

    sukses kontese ya

    mandor
    sik sik, sing njogo warnet yo iso disebut kerja keras. Njogo bengi iku gak kabeh uwong iso

  6. 5 Juni 2012 14:32

    kita perlukan sikap kerja keras untuk mencapai sesuatu hal🙂

    mandor
    Iya, tanpa kerja keras pencapaian impian akan bertambah panjang

  7. 12 Juni 2012 17:43

    ternyata saya punya teman seperjuangan (sama-sama pernah lama menghilang:mrgreen: )
    mari bekerja keras dengan cerdas🙂

    mandor
    mari kita bekerja keras membangun bangsa ini.
    Bangsa yang butuh tenaga muda untuk diajak maju

  8. 28 Juni 2012 14:32

    Bekerja keras dan cerdas😀
    Sedikit bicara banyak bekerja. Tapi nek marketing kuwi kudu banyak bitjara jeh😛

    mandor
    marketing gak ngomong yo piye dodolane😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: