Skip to content

Audit itu apa

12 Oktober 2011

Audit? makanan apa sih dia? Kok setiap terdengar kata itu seakan-akan sebuah pabrik langsung seperti melakukan persiapan darurat bencana alam. Atau bahkan sebaliknya, berbenah dari kondisi bencana alam agar terlihat rapi seperti semula. Semua orang sibuk mempersiapkan apa-apa yang nanti (kemungkinan) ditanyakan atau diminta.

Justru dalam proses persiapan-persiapan inilah segala upaya dikerahkan. Tekanan-tekanan muncul, omelan dan perintah yang tidak masuk akal serta jurus sakti “Tapak Membelah Bulan” dikerahkan. Segala sesuatunya dipersiapkan agar ketika proses audit berjalan lancar, tidak ada kesalahan yang ditemukan sehingga menghindarkan denda yang mungkin muncul.

Jadi audit ini sebenarnya makhluk apa sih? Secara mudahnya adalah pemeriksaan terhadap bukti-bukti perusahaan atau organisasi, apakah sudah melakukan prosedur yang telah ditetapkan. Perusahaan tempe saya misalnya, apakah prosesnya sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan? Apakah kedelainya sudah dicuci bersih? Parameter bersihnya apa? Pakai sarung tangan atau tidak? Bagaimana kalau kedelainya bosok? dan lain-lain. Prosedur yang dijadikan dasar audit bisa berasal dari customer ataupun berasal dari badan independen yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Naah, hasil dari audit apa?

– Ada yang malah tambah ribut karena hasilnya tidak ada yang cocok

– Ada yang terkena denda karena laporan pajak yang disembunyikan ternyata ketahuan

– Ada yang malah tidak percaya karena security ternyata malah tidak aman

– Ada juga yang malah meningkatkan order karena penilaian hasil audit adalah bagus di mata auditor.

– Ada peningkatan rasa percaya diri karena telah diaudit perusahaan besar dan berhasil dengan nilai bagus.

Kalau pengalaman sahabat tentang audit bagaimana?Boleh dong sharing di sini

*pemanasan sebelum menulis yang serius*

12 Komentar leave one →
  1. 12 Oktober 2011 16:35

    aku ga pernah ngerasain langsung audit. cuma pernah liat org akunting marah2 gara2 auditor nanya2 terus hehehe
    jadi apa itu audit?😉

    mandor
    waduh … berarti kudu nunggu mereka-mereka yang pernah mengalami audit ini dong untuk bisa menjawab pertanyaannya

  2. 12 Oktober 2011 20:48

    Audit itu bukannya nama penyanyi ya? :))

    mandor
    iya … itu penyanyi idola saya
    (halah)

  3. wahyu asyari m permalink
    13 Oktober 2011 03:41

    orang yang sering audit harus teliti ya berarti :))

    mandor
    sebagai seorang auditor harus bisa memperkirakan dan memutuskan dengan cermat suatu proses atau fakta yang ada

  4. 13 Oktober 2011 09:19

    celingak celinguk nyariin GeNduk mana ini….. ????
    kalau soal beginian GeNduk aja yg disuruh ya Pak Mandor😛
    biar bunda gak usah kliyeng2 kena audit segala 😀
    salam

    mandor
    lhoo sebenernya saya malah pengen nanya bunda. Lha kok bunda malah nyari Genduk ini gimana tho

  5. 13 Oktober 2011 10:09

    tak pernah ngerasain Audit…kalo Aditya baru tauuu😛

    mandor
    jangan-jangan itu malah temen saya

  6. 13 Oktober 2011 10:21

    **nunggu tulisan yang lebih serius ajah..

    ***sokiyeh.

    mandor
    bundooo …. bagaimana kabarnya

  7. 13 Oktober 2011 10:22

    saya pernah mengaudit sapi2😀 di suatu daerah terpencil di halbar.

    mandor
    lhaa itu bisa di share dong ilmunya. Saya pengen banyak belajar tentang itu

    • 13 Oktober 2011 10:24

      audit itu berarti siap mengahadapi bertumpuk2 kertas yang udah lama, dibuka2 lagi, cocokin ke laporan keu, harus rela muka gatel2 yeee…gara2 kertas buluk😀

      mandor
      setiap transaksi harus diperiksa dengan laporan yang ada. Apakah ada kecurangan atau tidak, apakah ada transaksi yang mencurigakan atau tidak
      Butuh kesabaran yang luar biasa antara auditor dan auditee ya mbak. Mohon infonya donh

  8. 13 Oktober 2011 15:04

    Ga pernah terlibat langsung, tapi merasakan efek tidak enaknya, coz harus menyiapkan data ini itu yang sudah lupa tersimpan dimana qiqiqiqiqi

    mandor
    kebagian ribetnya doang ya. Saya malah keseringan begit. Giliran presentasi yang bagus-bagusnya malah dibawakan oleh orang lain

  9. 13 Oktober 2011 20:29

    Ups, maap LeMandor, pengalaman saya nol soal mengaudit.:mrgreen:

    Tapi kalo diaudit, sering, audit keuangan oleh ibu saya…😆

    mandor
    semoga saya sampeyan berkenalan dengan makhluk yang satu ini suatu saat nanti

  10. 14 Oktober 2011 21:20

    waduh aku datang terlambat nih, kena audit mas mandor

    mandor
    horeee mas narno sudah kembali ke ranah perblogan

  11. 20 Oktober 2011 07:38

    audit identik dengan rempong…..namun sisi positifnya bikin orang menjadi lebih terarah sama sistem dan prosedur

    mandor
    seperti itu ya yang namanya audit. Kapan-kapan mas necky harus menjelaskan secara detil ya, biar saya belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: