Skip to content

Mengapa RoHS?

1 September 2011

Setiap perusahaan yang telah mencantumkan RoHS pada kemasan produknya berarti produknya secara dokumen maupun pengujian telah lulus persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh RoHS. Pihak  customer berhak meminta bukti dokumen dan atau hasil pengujian material yang telah menunjukkan bahwa produknya berada pada level di bawah jumlah yang disyaratkan.


Pemasangan logo RoHS tidak harus baku dari manajemen RoHS. Perusahaan boleh membuat sendiri logo RoHS berdasarkan versi masing-masing yang sesuai dengan karakter perusahan. Font, bentuk dan typografi bisa berbeda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Oleh sebab itu banyak kita temukan berbagai macam logo RoHS dari berbagai perusahaan.

Setelah RoHS diberlakukan kepada industri elektronik, berbagai perusahaan berlomba-lomba meningkatkan kualitas produknya. Masing-masing produsen berusaha menunjukkan bahwa mereka bisa membuat produk dengan meminimalkan penggunaan material yang dibatasi RoHS. Hal tersebut dilakukan agar keercayaan masayarakat meningkat bahwa produk mereka selain berkualitas ternyata ramah lingkungan.
Ternyata beberapa perusahaan mensyaratkan hal – hal yang lebih ketat daripada RoHS itu sendiri. Saya ambilkan beberapa contoh penerapan RoHS yang sudah diperketat oleh masing-masing perusahaan, mari kita amati tabel berikut.

satuan dalam ppm (part per million / bagian per juta)

Berikut keterangan mengapa material-material logam berat tersebut harus dibatasi.

Materi : Cadmium (Cd) ;Unsur alami yang terdapat pada tanah
Alasan penggunaan :
stabilizer pada Plastik dan rubber, Pelindung karat pada permukaan logam
Penggunaan secara umum :
Baterai Nickel-Cadmium, Pewarna anti karat material listrik dan electronik, stabilizer untuk PVC, plate, elektroda
Efek pada kesehatan :
Merusak sistem pernapasan, iritasi perut, muntah, diare, penyakit ginjal,  tulang rapuh, tekanan darah tinggi, anemia, penyakit hati, kerusakan sistem syaraf dan otak, perubahan perilaku pada anak, kesulitan belajar pada anak.

Materi : Lead (Pb) ; unsur alami yang terdapat di tanah
Alasan penggunaan :
Mudah dicetak, kerapatannya tinggi, titik lebur rendah, mudah dibentuk, tahan terhadap asam, bereaksi electrochemical dengan asam sulfur,  stabil dalam udara, air dan tanah
Penggunaan secara umum :
zat warna, cat, pelumas, plastic stabilizer, material baterai, campuran pada mesin, pelindung sinar X pada tabung CRT, solder listrik, stabilizer resin, plate, campuran logam, aditif pada resin
Efek pada kesehatan :
Merusak sistem syaraf pusat, penyakit ginjal, Kelainan sistem reproduksi, lemas di persendian, Mempengaruhi daya ingat, anemia, zat karsinogenetik, kerusakan otak pada anak, sakit perut parah

Materi : Mercury (Hg) ; unsur alami yang terdapat di tanah
Alasan penggunaan :
Efisiensi pada lampu merkuri, awet, produksi lumen/watt lebih dari daripada lainnya, efisien pada konduktifitas panas
Penggunaan secara umum : Lampu fluoresent, zat pewarna, anti karat,  fosfor dengan efisiensi tinggi, perawatan anti bakteri
Efek pada kesehatan :
Merusak sistem syaraf pusat, penyakit ginjal, menghambat perkembangan janin, gemetar, penurunan daya ingat, perubahan penglihatan dan pendengaran.

Material : Chromium +6 ; umumnya berasal dari kegiatan industri
Alasan penggunaan :
Tahan panas dan tahan karat, digunakan pada zat pewarna, proses akhir pembuatan logam, pengawetan kayu, bewarna coklat
Penggunaan secara umum :
zat pewarna, cat, katalis, plating, perawatan anti karat, perawatan kulit, perekat, anti karat
Efek pada kesehatan :
Iritasi hidung, penyakit perut, peradangan sistem pencernaan, penyakit ginjal, penyakit hati, karsinogenetik.

Material : PBBs, PBDEs; Merupakan senyawa buatan polymer, plastik
Alasan penggunaan : Keawetan plastik
Penggunaan secara umum : Perkakas rumah tangga dan produk elektronik, resin, polimer, polyurethane, dan zat aditive lainnya.
Efek pada kesehatan : Mual, sakit perut, kehilangan selera, nyeri sendi,  kelelahan, lemas, penyakit kulit, merusak jaringan syaraf, merusak sistem kekebalan tubuh, penyakit hati, ginjal, kelainan kelenjar tyroid.

Setelah melihat akibat yang ditimbulkan, maka sudah selayaknya material-material tersebut dibatasi penggunaannya selain mencemari lingkungan juga berakibat buruk pada kesehatan manusia.

😦 : pak mandor, jadi peralatan elektronik itu ndak boleh dimakan ?
🙂 : *halah* ya ndak begitu, kalau peralatan elektronik itu sudah tidak dipakai lagi, kemudian dibuang, kemudian dimusnahkan, material-material logam berat tersebut tetap pada unsur atau senyawanya masing-masing, terurainya lama sekali. Material-material tersebut akan kembali ke alam, kemudian dimakan oleh makhluk hidup dan terakhir dimakan manusia. Nah, loo …

-Masih ada lanjutannya-

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: